Unit Dikyasa Satlantas Polres Sorong Berencana Bentuk Kampung Tertib Lalu Lintas / Kampung Polantas

Unit Dikyasa Satlantas Polres Sorong Berencana Bentuk Kampung Tertib Lalu Lintas / Kampung Polantas

  • Post category:Berita

Aimas, Unit Dikyasa Satlantas Polres Sorong terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas salah satunya berencana akan membentuk Kampung Tertib Lalu lintas atau Kampung Polantas di Kelurahan Malasom Distrik Aimas Kabupaten Sorong, Rabu (13/10/2021)

“Kampung Tertib Lalu Lintas atau Kampung Polantas merupakan Kawasan dimana masyarakat sadar akan tertib lalu lintas. Rencananya lingkungan Kelurahan Malasom sebagai Pilot Project Kampung yang tertib berlalu lintas bagi kampung-kampung lain,” kata Kanit Dikyasa Aipda Umar tahang saat di konfirmasi oleh Subbag Humas

Rapat Koordinasi Pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas/Kampung Polantas di ktr kelurahan Malasom dan Survei di rumah warga di jalan lobak unit 2. DIY. Kelurahan Malasom sebagai pilot project karena warga masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keselamatan berlalu lintas. Terbukti, meskipun warga bepergian tidak terlalu jauh namun selalu mengenakan alat keselamatan lalu lintas dan ada beberapa indikator-indikator lainnya.
“Sebelumnya kami juga telah mensurvei di daerah Kelurahan Malasom yang diproyeksikan menjadi kampung percontohan tertib lalu lintas /Kampung Polantas,” jelasnya.

Menurutnya Kampung Tertib Lalu Lintas (Lalin) atau Kampung Polantas ini nantinya difasilitasi rambu-rambu lalu lintas yang lengkap. Kemudian ditata sedemikian rupa agar siapa saja yang memasuki kawasan tersebut mendapat edukasi pentingnya tertib berlalu lintas. Karena tujuan akhir dari adanya Kampung Tertib Lalu Lintas ialah menjadikan masyarakat sebagai pelopor dalam menjaga keselamatan berlalu-lintas. “Kami berharap nantinya bisa terwujud Kampung Tertib berlalu lintas dan memberikan aspirasi kepada warga yang lain untuk tertib juga. Setelah nantinya ditetapkan Kampung ini adalah kawasan tertib sehingga jika ada orang lain yang masuk sadar di sini kampung tertib sehingga harus mematuhi. Kalau mereka melanggar warganya akan mengingatkan secara edukasi,” katanya.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kepala kelurahan Malasom Bpk Akhmadi dan Babinkamtibmas ke depan kampung mana saja yang akan direkomendasikan untuk disentuh dan diberikan edukasi mengenai ketertiban berlalu lintas.
“Rencana jangka panjangnya nanti akan dibentuk kampung lalin lainya dan nantinya akan diadakan lomba kampung tertib lalu lintas, tapi itu butuh waktu, yang jelas saat ini kami fokus garap satu kampung sebagai percontohan, sehingga warganya terpacu untuk ikut serta menjadikan kawasan tersebut Kampung Tertib Lalu Lintas,” jelasnya.

Ketua FKPM setempat menyambut baik gagasan Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Sorong berencana membentuk Kampung Tertib Lalin / Kampung Polantas yang merupakan bagian dari inovasi dari Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Sorong. “Kami merasa senang bisa menjadi Kampung Tertib Lalin, terutama adalah bisa memberi contoh kepada anak-anak Sebab contoh langsung kepada anak-anak bisa mencetak generasi tertib lalin dimasa mendatang,” ujarnya.

Tokoh masyarakat setempat, mendambakan masyarakat tertib lalin melalui upaya tertib lalu lintas haruslah didukung sepenuhnya. Seperti diketahui korban kecelakaan lalu lintas patut menjadi perhatian bersama. “Kami meminta kepada Sat Lantas fokus dengan dibentuknya kampung lalin dan berikan edukasi untuk masyarakat umum terutama Ibu-ibu dan generasi penerus agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” pintah salah satu Tokoh Masyarakat (Amr/Hms)

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply