Rapat Koordinasi Tanggap Darurat Bencana Banjir Di Wilayah Kabupaten Sorong.

Rapat Koordinasi Tanggap Darurat Bencana Banjir Di Wilayah Kabupaten Sorong.

  • Post category:Berita

Aimas – Kepolisian resor Sorong telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Tanggap Darurat Bencana Banjir Di Wilayah Kabupaten Sorong, Kegiatan dipimpin oleh Yan Piet Moso, S.Sos., M.M (PJ. Bupati Sorong) yang diikuti kurang lebih 50 orang .bertempat di Aula Inspektorat Pemda Kab. Sorong ,Kamis 01/9/2022

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Letkol Inf Tody Imansyah (Dandim 1802/Sorong),AKBP Iwan.P. Manurung, S.I.K (Kapolres Sorong),Mayor Mar Achmad Toripin, S.A.P ( Pabandya Tik Sops Pasmar III),Mayor Inf Wilson.P (Pabung Kodim 1802/Sorong), Ady Bramantyo, A.I.P., M.Si (Asisten I Setda Kab Sorong),Suroso, A.I.P., MA (Asisten II Bidang ekonomi dan pembangunan Kab Sorong),Kiepas Kalasuat, S.Pd., M.Pd (Asisten III Bidang administrasi Kab Sorong),Dr. Wa Ode Likawati, S.E., M.M (Staf Ahli Bupati bidang SDM Kab Sorong),Mustika Baeduri, AP., M.Si (Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik)
Gesang Supratjo, S.Sos (Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi),Ari Wijayanti, S.E., M.M (Kepala Inspektorat Kab Sorong). Adri Benie Timban, S.H ( Ketua PMI Kab. Sorong), Para Pimpinan OPD Pemda Kab Sorong., Ngtijo, S.Sos (Kepala Distrik Salawati)
,Yober Matana, S.STP., M.Si (Kepala Distrik Aimas).Endang Irianti, S.I.P., M.Tr.Ip (Kepala Distrik Mayamuk),Ahmad, S.H ( Lurah Klamalu ), Safar Waluyo (Lurah Majaran)

Adapun sambutan arahan oleh Yan Piet Moso, S.Sos., M.M (Bupati Sorong )
bahwa kita akan bahas bagaimana kesiapan TIM BPBD serta kepada sekda dan Satu ahli harus bisa melihat pihak pihak mana yang terlibat dalam struktur dan hari ini SK harus dikeluarkan serta situasi banjir ini kita ahrus tetapkan status darurat apa dan Perencana kerja harus bisa di buat sesuai dengan fakta yang ada dan saya minta kepala BPBD harus bisa menyampaikan ditempat ini titik-titik lokasi banjir dan tingkat resikonya serta korban baik materiil dan jiwa yanga da hal ini kita bisa dengarkan dari BPBD agar kita sebagai pimpinan pengambil kebijakan bisa cepat mengambil langkah-langkah, lokasi yang terkena banjir tentunya tidak sama oleh karena itu kepada tim BPBD harus bisa turun kelapangan untuk dengan cepat mendata korban/kerugian yang ada.

Lewat pendataan ini juga kita akan berlanjut kepada pendorongan bantuan seperti sembako, dan lain-lainnya, Saya dan TNI Polri serta pimpinan OPD sudah melakukan peninjauan lokasi banjir yang ada disalawati kemarin dimana disana juga ada pergeseran tanah oleh karena itu mari kita bekerja secara ekstra untuk bisa mengatasi bencana ini.jelasnya “

Bencana tingkat tinggi ini harus perlu kerjasama dan kolaborasi kita semua dan kita pokus kepada bagaimana mereka makan dan minum serta pakaian dan air bersih.

Dari sisi kesehatan tentunya setelah paskah banjir pasti lokasi/daerah banjir tersebut akan kotor dan lain-lain oleh karena itu saya tegaskan kepada dinas kesehatan dan puskesmas yang ada agar bisa turun kelapangan perhatian sanitasi dll.

Saya tegaskan disini mari kita bekerja secara terukur demi kepentingan masyarakat banyak, dan ini adalah tugas kemanusiaan yang harus kita kerjakan secara bersama-sama.tutup Pj.Bupati”

Sementara itu penyampaian oleh AKBP Iwan.P. Manurung, S.I.K (Kapolres Sorong) mari kita bekerja secara bersama-sama serta kami TNI Polri siap membantu dan bekerja.,Bencana ini adalah bencana yang luar biasa oleh karena itu kita juga mengambil tindakan yang luar biasa, kita ketahui bahwa kita diberikan kewenangan dan jabatan oleh pimpinan kita untuk kita bisa bekerja dalam melayani masyarakat, kepada Bupati dan BPBD kita harus bentuk Wa Grup untuk menginput informasi yang ada sehingga kita bisa memantau semua wilayah/daerah yang terkena bencana Banjir dll.

Kita juga akan melaksanakan evaluasi dalam setiap kegiatan yang telah kita lakukan serta saya akan perintahkan kepada semua Kapolsek untuk selalu melaporkan situasi yang ada serta kita juga harus mendirikan dapur lapangan yang dekat dengan lokasi banjir sehingga masyarakat tidak terlalu jauh untuk mencari makan dll.

Pos pelayanan kesehatan kita juga harus bentuk dan kepada Bupati dan rekan rekan semua kami sudah stanbykan 100 personil dipolres dan personil ini siap digerakkan dalam penanganan banjir yang ada, setiap malam saya stanbykan 30 personil untuk melakukan pemantauan dll.

Untuk air bersih tentunya sangat dibutuhkan boleh masyarakat dan ini harus kita pikirkan bersama dan kita semua tidak tau kapan berakhirnya cuaca ekstrem ini, yang pada intinya adalah kita harus pikirkan semua apa yang menjadi keluhan masyarakat dalam bencana Banjir ini. Tutup Kapolres “

Humas polres sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply