Polsek Makbon Mediasi Dugaaan Perkara Penipuan Dan Penggelapan

Polsek Makbon Mediasi Dugaaan Perkara Penipuan Dan Penggelapan

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Polsek Makbon menggelar mediasi penyelesaian perkara menuju keadilan yang restorative (Restorative Justice) terhadap kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan Saudara Leonard Malibela (Kepala Kampung Klasmigik Distrik Makbon), Saudara Bonifasius Malibela ( Swasta) fan Saudara Steven Malibela ( Pegawai ASN Distrik Makbon) kepada Saudara Eduard Michael Susanto (60 Tahun), Pekerjaan Swasta, Alamat Jln Raja Ampat No 6 Kampung Baru Kota Sorong, mediasi restorative justice tersebut dilakukan di Kantor Polsek Makbon, Rabu (23/06/2022).

Kronologis singkat bahwa Pada tanggal 30 Januari 1999, Saudara Eduard Michael Susanto (Pelapor) membeli sebidang tanah seluas kurang lebih 5,5 Ha, dari terlapor Sdr Leonard Malibela Cs, dengan harga senilai Rp 4.125.000,00;-( empat juta seratus dua puluh lima ribu Rupiah). Dengan perjanjian antara pelapor dan terlapor akan memberikan Surat Pelepasan Tanah Adat (Tanah adat yang terletak di Kampung Klasmigik Distrik Makbon)

Namun terhitung sejak tahun 1999 sampai dengan saat ini, Tidak ada Surat Pelepasan Tanah Adat yang di berikan kepada korban/pelapor sehingga merasa dirugikan. Maka pelapor mengadu ke Polsek Makbon untuk di proses sesuai dengan aturan yang berlaku

Berdasarkan keterangan tersebut Kapolsek Makbon IPTU Max G. PIGAI, SH mencoba melaksanakan mediasi antara pelapor dengan terlapor menuju restorative justice. Disaksikan Kanit Reskrim dan Kanit Propam Polsek Makbon, karena blm ada keputusan di sebabkan salah satu terlapor tidak hadir yaitu Saudara Leonard Malibela (Sakit). Maka pertemuan akan dilakukan kembali pada hari Sabtu tanggal 25 Juni 2022 di Polsek Makbon. Selama pelaksanaan Mediasi berlangsung situasi Kamtibmas aman dan kondusif. (Hms/Hms)

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply