Perkuat Keimanan, Personil Polres Sorong Laksanakan Pembinaan Rohani Dan Mental

Perkuat Keimanan, Personil Polres Sorong Laksanakan Pembinaan Rohani Dan Mental

  • Post category:Berita

Kepolisian resor sorong, Berbagai upaya dilaksanakan Polres Sorong dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) yang dilaksanakan setiap hari Kamis, Kamis (04/02/2021) pukul 09.30 Wit

Setelah apel pagi seluruh anggota Polres Sorong yang beragama Islam, Nasrani dan Hindu hadir didalam acara Binrohtal, ini memang sudah menjadi rutinitas setiap hari Kamis pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal). Kegiatan pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) juga diikuti oleh Kapolres Sorong AKBP Robertus A. Pandiangan, S. Ik., MH, Waka Polres Sorong Kompol Emmy Fenitiruma S. Sos, para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi, KBO, para Perwira dan Bintara Polres Sorong

Binrohtal Agama Islam di awali Sholat sunnat Attaahiyatul Masjid dan shalat sunnat Dhuha. Dilanjutkan pembukaan oleh Kasubbagpers Iptu M.S. Dukomalamo dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasiin dipimpin oleh Kasubbapera bag Sumda dengan membaca ummul Qur’an suratul Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-nas dan ayat kursi

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kabag Sumda AKP Rusli. M bahwa kegiatan Binrohtal ini wajib sehingga pimpinan kita sangat menegaskan dan mengharapkan setiap hari kamis harus melaksanakan Binrohtal sesuai petunjuk pimpinan dari Polda Papua Barat. Kemudian Kabag Sumda mengingatkan kepada anggota Polres Sorong yg beragama islam bhw tugas adalah ibadah, maka laksanakan tugas itu dgn baik dan ihklas karena Allah SWT, jangan laksanakan tugas karena hal² yang lain, artinya ada pimpinan dan tdk ada pimpinan kita tetap laksanakan dgn baik, karena tugas kita polisi adalah tugas yang mulia di sisi Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.Begitupula dgn sikap dan prilaku anggota polri di dalam melaksanakan tugas jangan sampai kehadirannya di benci atau tidak disukai oleh masyarakat, tetapi usahakan kehadiran polisi di tengah² masyarakat dgn sopan, dengan senyum sapa salam maka masyarakat merasa senang dgn kahadiran polisi. Ucapnya

Dengan adanya program kapolri yang baru yaitu Presisi, ada 16 program perioritas kapolri dan 8 komitmen kapolri, maka mari kita dukung program pimpinan kita dgn tetap menjaga sikap sebagai Anggota Polri.

Ibadah Binrohtal Nasrani oikumene, bertempat di aula Patria Tama Polres Sorong di pimpin oleh Pdt Novita Torsulu S.Th dengan Pembacaan Alkitab terdapat dalam Ibrani 9: 11-28 dengan thema “ Kristus adalah Pengantara dari Perjanjian Yang Baru”

Kegiatan Binrohtal Hindu, bertempat diruang Vidcon Thatya Dharaka lantsi II Polres Sorong dengn penyampaian PENGERTIAN PANCA SRADHA, Di dalam ajaran Tattwa di dalamnya diajarkan tentang “ Sradha “ atau kepercayaan. Sradha dalam agama Hindu jumlahnya ada lima yang disebut “ Panca Sradha “.Pembagian Panca Sradha terdiri dari (1). Brahman, artinya percaya akan adanya Sang Hyang Widhi (2). Atman, artinya percaya akan adanya Sang Hyang Atman (3).Karma, artinya percaya akan adanya hukum karma phala (4). Samsara, artinya percaya akan adanya kelahiran kembal (5). Moksa, artinya percaya akan adanya kebahagiaan rokhani.

Pokok Bahasan KARMA PHALA Sebagai Anggota Polri Umat Hindu, didalam melaksanakan Tugas di lapangan sebagai pelayan Masyarakat kita harus selalu melayani dengan tulus Iklas kepada Masyarakat yang membutuhkan karena Sebagai anggota Polri umat Hindu kita mengenal Hukum Karama yaitu Karma Phala .

Karmapala adalah salah satu dari lima keyakinan (Panca Sradha) dari Agama Hindu serta filsafat dari agama Dharmik. Berakar dari dua kata yaitu karma dan phala. Karma berarti “perbuatan”, “aksi”, dan phala berarti “buah”, “hasil”. Karmaphala berarti “buah dari perbuatan”, baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan.

Ilustrasi dari proses karma phala
Karmaphala memberi optimisme kepada setiap manusia, bahkan semua makhluk hidup. Dalam ajaran ini, semua perbuatan akan mendatangkan hasil. Apapun yang kita perbuat ditempat tugas sebagai anggota Polri , seperti itulah hasil yang akan kita terima. Yang menerima adalah yang berbuat, dan efeknya kepada orang lain. Karma Phala adalah sebuah Hukum kausalitas (Amr Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply