Kapolsek Sausapor Ajak Siswa/i Bijak Bermedsos

Kapolsek Sausapor Ajak Siswa/i Bijak Bermedsos

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolsek Sausapor Polres Sorong IPTU Haroan Rajagukguk, SH mengajak sejumlah siswa/i SMU untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Hal tersebut disampaikan saat Kapolsek memberikan pembinaan di SMU Negeri 1 Sausapor Kabupaten Tambrsuw, Selasa (12/10/2021)

Dalam kegiatan tersebut, kapolsek Sausapor IPTU Haroan Rajagukguk, SH memberikan pemahaman tentang fungsi media sosial.  Selain itu memberikan pemahaman kepada siswa/i agar menggunakan media sosial dengan baik dan benar. “Media sosial di satu sisi mempunyai manfaat antara lain untuk mudah dalam berkomunikasi, namun apabila tidak digunakan dengan baik mempunyai banyak efek negatif,” kata kapolsek.

Kapolsek menjelaskan fungsi positif media sosial adalah sebagai alat komunikasi. Disampaikan juga beberapa efek negatif media sosial antara lain kecanduan sehingga melupakan kewajiban sebagai pelajar, ikut menyebar berita hoax serta pornografi dan bisa juga digunakan sebagai alat melakukan kejahatan. “Siswa-siswi harus bisa menggunakan media sosial sesuai dengan peruntukannya. Jangan mudah menyebarkan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Selain itu, tidak mudah percaya dengan bujukan dari orang yang belum dikenal melalui media sosial,” ucap kapolsek.

Adapun materi singkat yang di sampaikan Kapolsek Sausapor yaitu (1). Memberikan Pengertian apa itu Media Sosial dan penggunaannya serta perkembangannya hingga sekarang, (2). Sosialisasi UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) terkait pasal 27 ayat 3 UU No 19 Tahun 2017 Jo UU No.11 Tahun 2008 yang berbunyi Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama Baik, (3). Pasal 28 ayat 2 UU No.19 Tahun 2016 Jo. UU No.11 Tahun 2008 yang berbunyi Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dan (4). Penjelasan dampak menggunakan Media Sosial yakni dampak positif dan negatif.

Sementara itu, Kepala SMU Negeri 1 Sausapor mengapresiasi dengan adanya pembinaan dari Kapolsek bersama Danramil Sausapor serta Kadistrik Sausapor. Diharapkan siswa-siswinya bisa mengetahui bahwa media sosial yang dimilikinya mempunyai efek positif dan efek negatif. Selain itu, hadirnya Kapolsek bersama Danramil Sausapor serta Kadistrik Sausapor juga bisa memberikan penjelasan tentang pentingnya bijak bermedsos bagi para siswa/i. “Pembinaan yang disampaikan oleh Kapolsek sangat relevan dengan perkembangan situasi saat ini, harapannya siswa/i di sekolah kami bisa bijak dalam menggunakan media sosial yang mereka miliki,” ucapnya (Amr/Hms

(Humas Polres Sorong)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply