Kapolsek Salawati Hadiri Pelantikan Badan Pengurus Dewan Adat Moi Tingkat Distrik Wilayah Selatan Kab. Sorong

Kapolsek Salawati Hadiri Pelantikan Badan Pengurus Dewan Adat Moi Tingkat Distrik Wilayah Selatan Kab. Sorong

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolsek Salawati IPDA Muhammad Calvin Ramadhan, S.Tr.K yang di wakili Waka Polsek IPDA Saslan menghadiri pelantikan badan pengurus dewan adat Moi tingkat Distrik Salawati Selatan meliputi Distik Mayamuk, Salawati, Moi Segen, Seget, Botain, Salawati Selatan dan Salawati tengah periode 2022 – 2026, bertempat di gedung pertemuan Podomoro 2 jalan poros SP IV Kampung Klasmelek Kelurahan Makbalim Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, Kamis (11/08/2022)

Turut hadir dalam kegiatan Asisten III Setda Kab. Sorong Bpk Kepas Kalasuat, Staf Ahli Bupati Kabupaten Sorong Bpk Luther Salama, S. Pd., M. PA, Angoota DPRD dari Partai Nasdem ibu Isnawati, Ketua LMA Malamoi Sorong Silas O. Kalami, S. Sos., MA, Wakapolsek Salawati Ipda Saslan, Danramil Salawati 1802- 03 Lettu Inf. SUYATNO, Ketua dewan adat Moi wilayah selatan Kab. Sorong Zakarias Kokmala, SH, Kepala Distrik Salawati Selatan Naomi Ormak, Sekretaris Distrik Salawati Wicaksana Dwinata SW, Tamu undang dari 7 Distrik wilayah Selatan -+ 60 orang

Kegiatan di awali prosesi tua-tua adat memasuki ruangan pelantikan disambut dengan tarian adat. Kemudian di lanjutkan DOA yang dibawakan oleh bapak Yepta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Kemudian kegiatan dilanjutkan pembacaan SK pengurus Dewan Adat Moi tingkat Distrik wilayah Selatan Kabupaten Sorong. Srlanjutnya pelantikan badan pengurus Dewan Ada Moi tingkat Distrik wilayah Selatan Kab. Sorong oleh Silas O. Kalami S. Sos., MA

Sambutan Zakarias Kokmala, SH yang intinya menyampaikan bahwa Saya sebagai tokoh masyarakat dan tokoh intelektual wilayah pantai selatan berharap agar dewan adat bergandengan tangan dengan LMA sehingga hak-hak dasar kita dapat dipertahankan dan perlu diketahui bahwa beberapa bulan lalu sudah dibentuk dewan adat namun belum dilantik jadi saya berharap hari ini agar kita bisa bekerja sama guna membangun tanah Malamoi.

Terima kasih buat para Kepala Distrik yang hadir dimana sudah membantu kami guna melaksanakan kegiatan ini. Ini menjadi harapan kami karena diwilayah pantai selatan banyak persoalan yang terjadi dimana ada kawasan dan tambang tentunya banyak persoalan untuk itu lembaga yang dibentuk agar bersinergi dengan pemerintah sehingga apa yang diinginkan masyarakat dapat dipenuhi khususnya untuk membela hak hak orang Moi dan bekerja untuk tanah ini

Jangan lagi kita diam diatas tanah kita sendiri tetapi kita liat hak dasar orang Moi, saatnya kita bangkit untuk mengangkat hak orang asli Moi dalam berbagai hal yang didalamnya sumber daya manusia dan sumber daya alam

Setiap kampung yang sudah dibentuk dewan adat apabila ada persoalan adat tidak boleh dibawah ke ranah hukum cukup diselesaikan secara adat dan apabila kalau marga-marga ada yang mengalami kendala agar kita sama-sama menyelesai.

Selama LMA memiliki payung hukum kita masyarakat adat punya legalitas dalam menyelesaikan masalah karena adat masih diakui di Republik ini. Saya minta Distrik – distrik wilayah selatan agar merekomendasikan apa yang menjadi target kita dimana DPRK sudah disusun dan kami hatus menyiapkan kader untuk itu karena tahun depan sudah mulai penjaringan swhingga kita juga harus ada posisi tersebut sebab kita semua satu tujuan agar wilayah pantai selatan semakin maju dan terdepan, Tutupnya

Sambutan Ketua LMA Malamoi Sorong yang intinya menyampaikan bahwa hari ini adalah prosesi adat saya ucapkan terima kasih kepada intelektual Moi selatan kemudian saya sampaikan kita jangan jadi penonton aja karena kita punya sumber daya alam yang tinggi namun sumber daya manusia kita tidak diperhatikan. Sekarang kita tetapkan dewan adat agat dapat membangun diwilayahnya masing-masing sehingga budaya kita tidak akan hilang.

Kita bersyukur bahwa sesuai perda nomor 10 tahun 2017 terkait lembaga adat kita sudah kuat karena sudah memiliki legalitas dan sekedar informasi bahwa tanggal 24 s/d 29 Oktober 2022 ditanah tabi Jayapura akan dilaksanakan Mubes masyarakat adat se Nusantara.

LMA Malamoi melantik dewan adat agar membantu masyarakat adat jangan sampai ada bahasa diliar sana bahwa LMA dilantik oleh dewan adat. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang berpartisipasi selanjuy dewan adat memberikan masukan kepada pemerintah agar ada pelantihan guna memberikan pemahaman sebelum masuk DPRK.

Kita juga melihat perkembangan dimana saudara-saudara kita berjuang pemekaran Papua Barat Daya tetapi ada juga penonton. Kita punya daerah sudah terbuka bagi investor tetapi kita juga harus punya investasi dari sumber daya alam kita, ucapnya.

Sambutan Asisten III Setda Kab. Sorong yqng intinya menyampaikan apa yang dilakukan oleh LMA Malamoi membentuk dewan adalah supaya masyarakat Moi jangan dipandang sebelah mata untuk itu hak kita harus diperrahankan. Terima kasih kepada seluruh masyarakat adat sudah berjuang membentuk wadah ini sehingga setiap ada permasalahan adat dapat diselesaikan secara adat.

Pemimpin itu harus jujur jangan kita punya ilmu hanya setengah dimana dapat mempermalukan orang Moi jadilah pemimpin yang pintar agar kita dapat maju dan berkopetensi. Kita urus wadah ini dengan baik agar mengasilkan keputusan yang dapat diajukan kepada Pemerintah sehingga masyarakat adat yang ada di wilayah selatan dapat maju dan berkembang.

Saya berharap kita atur waktu guna bahas masalah masalah yang ada yoi wilayah selatan dimana pelu bapak ibu ketahui saya juga bagian dari masyarakat adat, Tutupnya ( Amr/Hms)

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply