Kapolsek Makbon Lakukan Mediasi Terkait Pemalangan Jalan Pembangunan dan pengembangan lokasi tempat wisata

Kapolsek Makbon Lakukan Mediasi Terkait Pemalangan Jalan Pembangunan dan pengembangan lokasi tempat wisata

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolusian Resor Sorong, Kapolsek Makbon IPTU L. Simanjuntak, SH bersama Anggotanya melakukan mediasi terkait dengan pemalangan pembangunan dan pengembangan lokasi tempat wisata oleh Marga Malibela Malo, bertempat di Kampung Batu Lubang pantai Distrik Makbon Kabupaten Sorong, Selasa, (19/10/2021) Pukul 12.00 Wit

Kapolsek Mskbon IPTU L. Simanjuntak, SH menjelaskan kronologis kejadian versi Polisi yang dihimpun dilapangan. Pada saat itu, bahwa pemalangan yang dilakukan oleh Keluarga Bapak Oskar Malibela (Malos) terhadap pembangunan pekerjaan dan pengembangan pantai wisata yang di kelola oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah raga Kabupaten Sorong di lokasi bibir pantai Kampung Batu Lubang Pantai dengan menggunakan kayu di ikat kain merah karena merasa kesal mengingat tidak adanya pemberitahuan yang baik kepada Marga dari Pemerintah daerah Kabupaten Sorong dalam hal ini dinas Pariwisata. Untuk itu pihak Marga minta sebelum pekerjaan di lakukan terlebih dahulu meminta permisi kepada beberapa marga yang mendiami Kampung Batu Lubang Pantai agar di lakukan upacara adat bersama oleh perwakilan marga – marga ini agar setiap orang yang mengunjungi kampung ini untuk rekreasi/ berwisata tidak mengalami musibah.

Pada initinya pihak Marga tidak akan menghambat pembangunan oleh pemerintah daerah karena mengingat anak- anak kami berprofesi sebagai pegawai negeri.

Penyampaian Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah raga Kabupaten Sorong Ibu Dorce Kalami, S. IP., MM yang intinya meminta kepada keluarga besar yang telah melakukan pemalangan agar dapat membantu dan mendukung program pembangunan dan pengembangan lokasi pariwisata di Kampung Batu Lubang Pantai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sorong. Harapan dari Pemerintah daerah dalam hal ini dinas Pariwisata pada dasarnya mau membangun di Kampung ini agar bisa meningkatkan peminat – peminat untuk berwisata sehingga ekonomi pendapatan masyarakat di Kampung ini meningkat, baik hasil kebun dan juga hasil laut.

Penyampaian Danramil Makbon Kpt. Inf. Anwar Kolly bahwa Kami yang datang ini baik saya sebagai Danramil dan juga Kapolsek Makbon pada intinya sangat menghargai hak – hak masyarakat adat dan juga hukum adat di wilayah atau daerah yang ini karena dimanapun kita berada masing- masing memiliki ikatan adat. Mengajak kepada kelurga baik Malibela Malos dan juga keluarga Kalasuat agar sekiranya dapat mendukung program pemerintah di Kampung ini, sehingga pemalangan telah di lakukan dapat di buka dan pekerjaan dapat dilakukan kembali. Kami pihak keamanan sangat menghargai hak masyarakat adat, apabila Kampung ini aman maka pembangunan juga aman.

Kadistrik Makbon Apner Paa, S.Sos, M.Pa mengajak kepada kedua marga agar mendukung program pemerintah kususnya pembangunan dan pengembangan lokasi Pariwisata di Kampung Batu Luvang Pantai. Minta kepada keluarga yang melakukan pemalangan agar dapat sekiranya membuka palang sehingga pembangunan tidak terhambat dan apabila terhambat maka anggaran di tahun depan akan beralih ke Kampung lain,

Setelah mediasi yang panjang, maka palang dapat di buka dalam keadaan aman dan kondusif (Amr/Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply