Kapolres Sorong Hadiri Upacara Pelepasan Kirab Api PON ke-XX Papua Tahun 2021.

Kapolres Sorong Hadiri Upacara Pelepasan Kirab Api PON ke-XX Papua Tahun 2021.

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S. Ik menghadiri kegiatan upacara pelepasan kirab Api PON ke-XX Papua Tahun 2021, bertempat di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sorong, Jl. Sorong-klamono Km. 24 Kelurahan Klamesen Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Senin (27/09/2021) Pukul 07.58 Wit,

Bertindak sebagai Irup dalam Upacara pelepasan Kirab Api PON ke-XX Papua tahun 2021 Bupati Kabupaten Sorong Dr. Jhony Kamuru,. SH., M. Si, Dan Up Danramil 1802-06/Braur Kapten Inf. Joko Susanto, Pa Up Pasi Pers Kodim 1802/Sorong Kapten Inf. Joko Susanto

Hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur Prov. Papua Barat Muhammad Lakotani, S.H., M. Si, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Djoko Andoko, S.E., M.M, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, SE, Komandan Pasmar III Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, SE, Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin,S.H., M.Si, Danlantamal XIV/Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E.,M.Si., M.Tr.Opsla, Aspers Kasdam XVIII / Ksr Kolonel inf. Nugroho imam Santoso, Ketua MRP PB Makxsi.A.Horen, Asisten II Setda Prov. Papua Dr. Muhammad Musaad, M. Si, Walikota Sorong Drs. Ec.Lambert Jitmau, M.M, Asintel Danpasmar Kolonel Mar. Profs Dhegratmen, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf. Budiman,S.E., M.I.Pol., Dansatpaska Koarmada III Letkol Laut (P) Machi Mokowago, M.Tr.Hanla, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S.IK, Danyonif RK 762/VYS Letkol Inf. Budi SetiAdi, S.I.P, Danyon Zipur 20/PPA Letkol Czi. Donny Pramudya Mahardi, Kapoda BIN Kabupaten Sorong Letkol Laut (P) Tri Eko Purnomo,S.H, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono,S.Sos., M. Si, Ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya, S.Pd., M. Pd, Sekda Kabupaten Sorong Clif Jafsenang, S.Sos., M.Si, Para Asiten dan Pimpinan OPD Pemda Kabupaten Sorong dan Panitia Kirab Api PON ke XX Papua tahun 2021 Prov. Papua Barat.

Dalam Sambutan Bupati Kabupaten Sorong Dr. Jhony Kamuru,S.H., M. Si yang intinya menyampaikan Selamat pagi yang saya hormati Wakil gubernur PB, Forkopimda, Pimpinan TNI Polri serta seluruh panitia kirab PON ke XX Papua barat.

Rangkaian kegiatan di awali Pengambilan api pon XX papua 2021 oleh Panitia sebanyak 4 ( empat ) orang di pendopo Kediaman Bupati Kab. Sorong. Setelah Api Pon XX Papua 2021 tiba di kantor Bupati Kab. Sorong dilaksanakan Prosesi kedatangan Api PON ke XX Papua tahun 2021 dilapangan upacara yang disambut/ diiringi oleh tari-tarian adat papua

Hari ini kita boleh bersyukur dan bangga bahwa aya atas nama Pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Sorong berterimakasih dimana dalam sejarah direpublik ini baru kali ini terjadi adanya kegiatan api pon dan Pelaksanaanya pon ke XX tahun 2021 Ditanah Papua saya berharap kepada kita semua yang ada ditempat ini untuk mendukung kesuksesan Kegiatan ini.

Saya mengucapakan selamat jalan dan semoga Api Pon ke-XX sampai distadion Lukas Enembe Jayapura stadion kebanggaan kita semua, Tutup Bupati

Sambutan Wakil Gubernur Prov. Papua Barat Muhammad Lakotani,S.H., M.Si yang intinya menyampaikan Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Salam sehat untuk kita semua, yang saya hormati Forkopimda Prov. Papua barat, Asisten II Setda Provinsi Papua, Seketaris PB Pon, serta seluruh tamu undangan yang hadir ditempat ini. Dipagi hari ini kita dapat berkumpul di halaman kantor bupati Sorong dalam rangka kirab api pon ke XX Papua tahun 2021 dimana peristiwa ini merupakan peristiwa sejarah yang menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Sorong dan secara umum masyarakat Papua dan Papua barat yang mana baru kali ini kegiatan Pelaksanaan pon dilaksanakan Ditanah Papua , marinkita mendukung ajang kekgiatan olah raya ini sebagaimana yang telah ditetapkan oleh panitia dengan cara menjunjung tinggi suportivitas, ucap Wakil Gubernur

Lanjut menyampaikan bahwa Panitia juga telah memperhatikan seluruh kesiapan pelaksanaan kegiatan pon ke XX di Papua yang sukses dan aman. kita semua patut bersyukur dan mensukseskan kegiatan ini dan ditempat ini saya mengucapkan selamat dan sukses selalu tuhan memberkati.

Sambutan oleh Asisten II Setda Prov. Papua Dr. Muhammad Musad, M.Si pada intinya menyampaikan bahwa kabupaten Sorong hari ini menjadi tempat sejarah yang mana dikabupaten sorong merupakan tempat pengambilan api PON ke XX Papua tahun 2021 hal ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat kabupaten Sorong dan kita semua. Dalam setiap pekan olah raga api merupakan sumber kekuatan dan kebersamaan dalam suportivitas, sejarah mencatat api merupakan simbol dalam pekan olah raga nasional yang dilaksanakan pertama kali disurakarta dan saat ini titik pengambilan Api pon ke XX diambil di PT. Pertamina EP Zona XIV distrik Klamono, dan lokasi ini dianggap pantas dimana kegiatan explorasi pengambilan minyak pertama sekali diwilayah Papua yang sudah bersusia cukup lama, api abadi yang diambil diklamono merupakan sejarah baru dalam pelaksanaan Api pon ke XX dipapua.

Kirab Api PON yang dimulai dari Kabupaten Sorong sampai nantinya tiba distadion Lukas Enembe Jayapura dimana api diambil dari klamono wilayah domberai dan api ini akan dibawa melalui semua wilayah adat dipapua dan akan disemayamkan kembali di jayapura, oleh akrena itu atas nama pemerintah dan masyarakat papua menyampaikan ungkapan terimakasih yang setinggi tingginya kepada pemerintah pusat dan kita semua.

Kita akan membuktikan kepada semua orang dan dunia bahwa kita dipapua juga bisa dan akhir kata mari kita sukseskan Pelaksanaan Kegiatan Pon ke XX Papua ditahun 2021 tuhan memberkati kita semua, ucapnya

Selanjutnya dilanjutkan Prosesi penyerahan Kirab Api PON ke-XX Papua tahun 2021 yang disaksikan oleh forkopimda Papua barat.

Kemudian Doa yang dipimpin oleh Mayor Inf. H.Triana,S.Pdi., M.Pdi Kasdim 1802/sorong. Selanjutnya Pelepasan Kirab Api PON ke-XX Papua tahun 2021 oleh Muhammad Lakotani, S.H., M.Si (Wakil Gubernur Prov. Papua Barat) dan Dr. Muhammad Musaad ( Asisten II Setda Prov. Papua ) yang didampingi oleh suruh Forkopimda PB.

Kemudian Perwakilan Atlit sebagai pembawa api PON ke XX Papua tahun 2021 meninggalkan lapangan Upacara Pemda Kabupaten Sorong menuju Kota Sorong (Bandara Deo) dan selanjutnya menuju stadion Lukas Enembe Jayapura, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif (Amr/Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply