Kapolres Sorong Hadiri Rapat Koordinasi Dalam Rangka Mengantisipasi Timbulnya Gejolak Akibat Penyesuaian Harga BBM Di Wilayah Kab. Sorong

Kapolres Sorong Hadiri Rapat Koordinasi Dalam Rangka Mengantisipasi Timbulnya Gejolak Akibat Penyesuaian Harga BBM Di Wilayah Kab. Sorong

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S. Ik yang di wakili Wakapolres Sorong Kompol Emmy Fenitiruma, S. Sos menghadiri kegiatan rapat koordinasi dalam rangka mengantisipasi timbulnya gejolak akibat Penyesuaian harga BBM di Wilayah Kabupaten Sorong, bertempat di ruang Pola Lantai 2 Kantor Bupati Kabupaten Sorong, Senin (05/09/2022) Pukul 12.20 Wit

Hadir dalam kegiatan rapat adalah Yan Piet Moso, S.Sos., M.M (Pj. Bupati Sorong), Cliff A Japsenang, S. Sos,. M.bSi (Sekretaris Daerah Kab Sorong), Kompol Emmy Fenitiruma, S. Sos (Waka Polres Sorong), Kapten Inf. Harpin (Danramil 1802-07/Aimas), Rasimin, SE (Ketua Komisi B DPRD Kab Sorong), I.Made Adi Sanjaya (PT Pertamina), Para Pimpinan OPD Kab Sorong, Yober Matana, S.bSTP., M. Si (Kepala Distrik Aimas).

Rapat koordinasi di buka Oleh Sekda Kab. Sorong Cliff A Japsenang, S.SoS. M.Si (Sekretaris Daerah Kab Sorong)

Kemudian dilanjutkan Penyampaian Dari Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sorong yang pada intinya menyampaikan bahwa Pasca pengumuman pemerintah Penyesuaian BBM, adalah langkah tepat yg dilakukan Pak Bupati untuk kita memantau Penyesuaian harga BBM itu. Dan kita sudah melakukan langkah-langkah dengan paguyuban dan ketua pangkalan ojek yang agak sulit itu ojek karena tidak punya trayek. Kita sudah koordinasi sama Satlantas Polres Sorong karena kebetulan ojek ojek ini langsung dibawah koordinasi satlantas sehingga akan muncul kesepakatan kesepakatan.

Kami sudah bekerja sama dengan Lantas Polres Sorong Sorong, Kapos BIN Papua barat untuk memantau itu. Pertemuan itu telah kita laksanakan di caffe Janji jiwa. Kita sampaikan bahwa kenaikannya dari harga yang subsidi yang lama Rp 7.650 menjadi Rp 10.000. Dari sorlar 5 ribu sekian ke 6 ribu sekian yang secara nasional telah diumumkan kemarin.

Terima kasih Pak Bupati yang telah memerintahkan kita untuk pantau kita dilapangan. Penyesuaian harga BBM pertalite ini kurang lebih 31%. Kita sudah sepakat dengan paguyuban ojek untuk memakai tarif sementara dan nanti ada surat edaran resmi Yang kita antisipasi yaitu adanya kenaikan 9 bahan pokok.Menyangkut ojek kita belum bisa menentukan nilainya yang kita antisipasi yaitu kenaikan 9 bahan pokok.

Untuk di Kab Sorong anak sekolah tidak terlalu, karena dsini ada bus sekolah gratis. Namun sopir mereka menyampaikan pendapat jangan memasukkan bus kedalam angkot karena akan merusak mata pencaharian kita.

Dengan adanya bantuan bus gratis saja sangat berdampak pada usaha angkot. Kita juga belum berbicara jauh untuk masalah solar seperti Bus DAMRI. Dan sudah kita infokan kepada DAMRI agar tidak menaikkan harga tarif. Kemarin juga sdh disampaikan teman2 dari polres dan paguyuban bahwa yg mereka takutkan yaitu kenaikan 9 harga bahan pokok.

Penyampaian Sekda Kab Sorong yang pada intinya menyampaikan kalau ini tidak buatkan rujukan daerah akan ada dampaknya di masyarakat. Sekda kita harus buat tim pengawasan untuk memantau Penyesuaian Harga BBM, jadi jika harga naik tetapi kalau ada gambar antrian kendaraan Mengantri bensin .

BBM ini ibarat emas cair dan siapapun punya kepentingan didalam itu. Jika masyarakat sakit pasti kita pemerintah juga merasa terganggu, kita Bentuk tim untuk memantau perdibustrian BBM, buat kami orang papua BBM naik tidak apa apa yang penting jangan ada antri panjang.

4penyampaian kepala dinas perdagangan yang intinya Sampaikan penyesuaian harga BBM berkaitan dengan semua sisi perkenomian, berdasarkan pengecekan di lapangan pasca Penyesuaian harga BBM otomotis inflasi naik daya beli masyarakat menurun. Pelaku usaha kategori menengah ke bawah rentang mengalami akibat Penyesuaian harga BBM.

Khusus BBM ini kita sudah melakukan pengawasan ke beberapa SPBU yang ada di kab Sorong.Saran kami ke pertamina agar stocknya di tambah atau di naikkan agar tidak ada antrian panjang. Pasokan bapak masih aman tapi relatif sudah naik,dan untuk Pemberian BLT kalau bisa kita lakukan pendataan ulang.

Penyampaian Ketua Komisi B Anggota DPRD Kab Sorong yang intinya sampaikan bahwa terkait dampak atau gejolak dalam mengantisipasi BBM ada beberapa hal yang perlu kita sampaikan selaku lembaga legislatif DPRD yakni (1). dampak ini sangat pengaruh khusunya pada harga sembako dll.
(2). kenaikan tarif kendaraan umum
(3)..terkait aksi2 dan demo harus kita antisipasi terkait kenaikan harga BBM

Kami ingin menyoroti langkah awal yang diambil dinas perhubungan, terkait sudah bertemunya dinas perhubungan yang sudah bertemu dengan satlantas dan paguyuban ojek dan angkot. Memang perlu Pemda menyiapkan langkah langkah antispasi dalam meyiapkan harga harga sementara sambil menunggu harga realnya. Penyesuaian Harga BBM ini menjadi embrio dari semua harga sebagai multiplayer efeknya sangat luar biasa Kepada semua stake holder agar dapat melihat situasi secara jeli.

Perlu ada edukasi yang baik bagi Pemda dan legislatif dan keamanan untuk selalu menginfokan perkembangan atas Penyesuaian harga BBM, sehingga kita dapat mengetahui aksi -aksi yang tidak kita harapkan sehingga perlu dibuat grup.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama dalam hal ini hal eksekutif dan legislatif terhadap pengawasan pendistribusian dan pengecer Pengecer BBM.

Kita mengantisipasi jangan sampai BBM ini harga nya sudah naik tetapi kita masih mengantri BBM. Terkait pengecer pengecer perlu kita tertibkan tetapi perlu kita lihat karena pengecer pengecer BBM ini membantu masyarakat kecil. Kita perlu lakukan sidak dari OPD terkait dan legislatif tempat tempat yang disinyalir nakal Karena ini dilematis bagi pengusaha SPBU.

jAda beberapa SPBU yang menurut masyarakat bahwa ada SPBU yang baru masuk dan beberapa hari langsung habis. Dan ternyata kita cek bahwa ada oknum oknum yang bermain disitu, dan ini tidak bisa saya sebut karena ini institusi disitu. Saya berharap kita rapatkan ini dan clear and clean , dan kita bisa bersihkan semua.

Penyampaian Sekda ke dewan yang intinya sampaikan kepada kadis perdagangan tolong bentuk tim dan besok sudah pak bupati lihat. Tugas Infokom tolong sosialisasi kan dan edukasi kemasyarakatan melalui media. Kasatpol PP tolong sampaikan kalau ada hal-hal yang dirasa lain.

Kepada kadis perdagangan tolong koordinasi kan kepada polres untuk mengecek pedagang eceran yang melihat lokasi lokasi yang tidak beresiko contohnya sepeti tempat keramaian seperti mesjid gereja dan sekolah. Cuman kita harus lihat tempat mana yang harus kita setujui

penyampaian ibu Waka Polres Sorong Kompol Emmy Fenitiruma, S. Sos menyampaikan bahwa Tadi kita vicon dengan kapolda yang meminta untuk melaporkan terkait penyesuaian harga BBM oleh pemerintah di wilayah masing masing.

Kami sudah membuat sprin di SPBU untuk di tugaskan 3 anggota untuk jaga di SPBU sebelum penyesuaian BBM oleh pemerintah, polres sorong sudah jaga di SPBU SPBU di kab. sorong. Kita juga lakukan pengecekan BBM oleh rekan reskrim dan intel yang sudah mengecek stock BBM subsidi dan non subsidi,ada patmor juga yang sudah patroli di SPBU kab Sorong.

Kita lakukan KRYD untuk antisipasi kendaraan yang antri berulang ulang kali, kita sudah menyiagakan 100 personil anggota jika eskalasi meningkat. Untuk pengecer yang di sampaikan tadi meskipun untuk membantu masyarakat tapi melalui diskusi ini kita bisa cari solusinya, itu saja yang kita sampaikan saya ucapkan terima kasih.

Penyampaian dari pertamina yang intinya menyampaikan dari pertamina pasca penyesuaian harga BBM yang kita sesuaikan, untuk kuota BBM jenis pertalite tahun 2020 11810 ton ,tahun 2021 13555 ton dan di tahun 2022 ada pengurangan kouta pertalite di kab sorong.

Kita menindak langsung dengan tegas kepada pegawai SPBU apabila menaikkan harga BBM tidak sesuai aturan. Terkait pendaftaran my pertamina kita sudah buka stand di terminal, dan di SPBU SPBU agar penyaluran BBM sesuai aturan.

Kami ucapkan terima kasih kepada polres sorong yang sudah menindak masyarakat yang mengisi BBM secara berulang di SPBU SPBU. Kita sudah melakukan simulasi dengan mencatat NO Pol yang mengisi BBM secara berulang, tapi masih ada masyarakat yang acuh terkait aturan tersebut.

Penyampaian Pj. bupati kab sorong yang intinya menyampaikan Kita beri aplos untuk semua, karena dengan kerja pemerintah tidak boleh kerja sendiri serta loyo loyo harus jadi pemimpin di garda terdepan.

Siang hari ini pemerintah ada bupati sekda, DPR , Kapolres, dandim, kajari, kajati, kabinda dan OPD secara tekhnis belum selesai persoalan bangsa yang pertama covid 19 yang ke dua persoalan cuaca khusus di kab sorong dan yang ke 3 kenaikan harga BBM. Kita blum selesaikan satu, yang lain datang lagi kita hadapi dengan rileks dengan hati yang tulus setiap persoalan ada jalan keluarnya.

Ketika pengumuman penyesuaian harga BBM setelah 2 jam kenaikan harga bbm saya sudah terima laporannya dari kapolres dan dandim.

Terkait dengan penyesuaian harga BBM negara hadir untuk rakyat, kebijakan pemerintah dgn kontrofensi dengan masyarakat agar memberikan jaminan dan solusi untuk masyarakat. Hari ini harus kita menentukan tarif angkutan, ada 4 trayek sehingga kita tentukan naiknya dua ribu rupiah yang tdinya 8 ribu jadi 10 ribu coba nanti diskusikan dengan perhubungan dan polres apakah harga ini sudah ideal bagi masyarakat sambil menunggu keputusan gubernur papua barat kita keluarkan harga sementara dulu kalau ada perubahan kita riview.

fUntuk pengawasan di lapangan nanti kita sama sama dinas terkait, kalau kebijakan dari forum rapat ini agar di ekspos secara visual, baliho baliho itupun keputusan tetap ya.

Terima kasih kepada dinas perhubungan, Dandim, Polres yang sudah menindak lanjuti terkait penyesuaian harga bbm ini untuk itu kita harus turun ke lapangan jangan sampai kita kekurangan harus tersedia nanti tim kita turun ke lapangan.

Untuk penjual eceran BBM itu adalah fakta karena kalau di jalan bbm kita habis yang bantu kita di jalan kalau bisa penjual eceran di tata secara rapi. Terkait harga bapok jangan barang yang sudah lama masuk lagi kalau bisa barang yang baru barulah yang masuk di kab sorong.

Langkah langkah kita harus hadir untuk masyarakat,Nterkait kenaikan BBM, Sembako dan tarif angkutan di kab Sorong. Saya berharap kepada Kapolres, Dandim dan Kabinda untuk bersama sama pemerintah untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penyesuaian harga BBM ini.

Penyampaian Anggota Dewan Komisi D yang intinya menyampaikan Kita harus merumuskan secara bersama sama variabel dan lain lain,kalau bisa kita sama sama hitung bersama sama dan kita toki palu bersama sama terkait tarif harga angkutan umum di kab sorong (Hms)

By Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply