Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) V Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sorong Tahun 2022

Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) V Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sorong Tahun 2022

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S. Ik di wakili Kapolsek Aimas IPTU Pinantun M.H. Manalu, SH menghadiri Kegiatan Pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) V Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab Sorong Tahun 2022 dengan Thema “Merajut Kesatuan dan Kekuatan Umat Dalam Kebinekaan” bertempat di Aula Hotel Aquarius Aimas, Jl. Nangka Jalur C Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kabupaten Sorong Prov. Papua Barat, Sabtu (20/08/2022) Pukul 09.20 Wit,

Hadir dalam kegiatan Dr. Jhony Kamuru, S.H., M. Si (Bupati Kabupaten Sorong), Suka Harjono, S. Sos., M.bSi (Wakil Bupati Kabupaten Sorong), Kolonel Laut (KH) Zainul, S.Ag., M. Ag (Sahli B Pangkoarmada III), Letkol Mar Syarial Isnadie (Paban Watpers Pasmar 3), Kapolres Sorong AKBP yang diwakili oleh Kapolsek Aimas IPTU Pinantun M.H. Manalu, SH, Serma Budiyono, S.H (Koramil 1802-07/Aimas), Suroso, S.I.P., MA (Asisten II Bidang ekonomi dan pembangunan Kab Sorong), Andi Sutor S.Pd.I., M.M (Unsur MUI Prov. Papua Barat), Ir Rohman, S.T., M.M (Anggota DPRD Kab Sorong), Andri Timban, S.H (Kakesbangpol Kab. Sorong) H.IM. Syukri Muifilit , S.Pd.I (Ketua MUI Kab Sorong), Andrian Sani, S.Pak (Kepala Depag Kab Sorong), H. Rofiul Amri, S.Ah., M.Ag (Kepala Depag Kota Sorong), Abdul Gani, M.Hum (Ma’had Bilal Kab. Sorong), KH. Ahmad Sutejo, S.Pd (Ketua FKUB Kab Sorong), Drs. Rustamaji, M.Si (Rektor Unimuda Sorong), Ahad Sakka, M.Ag (Wakil Sekretaris MUI Kah Sorong), Ustadz Jafar Hatapayo, S.Pd (Unsur Pengurus MUI Kab. Sorong), Imam Sururi (Ketua Panitia), Abdul Salam (Seketaris Panitia), Murtoyo, S.H (Kepala Lurah Mariyai), Para Tokoh Agama dan Masyarakat Muslim Kab Sorong, Para peserta Musda IV MUI Kab. Sorong.

Kegiatan di awali pembacaan kilas sejarah MUI oleh Panitia, pembacaan baca ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya laporan Ketua panitia Imam Sururi yang pada intinya menyampaikan bahwa Segalah puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwasanya hari ini perjalanan kepengurusan majelis Ulama Indonesia Kab. Sorong masa hikmad 2017-2022 telah sampai diujung akhirnya,. Hari ini genap lima tahun segenap jajaran pengurus MUI Kab. Sorong hasil musda ke IV pada tanggal 23 April 2017 mengemban amanat untuk melaksanakan program hasil musda IV MUI dan tibalah saatnya kami melaporkan pelaksanaan program kerja dan kinerja kepengurusan MUI Kab Sorong kehadapan Musda V MUI Kab Sorong terhormat.

Dasar dari pada kegiatan Musda V adalah Surat keputusan MUI waktu dan pelaksanaan di Hotel Aquarius dengan jumlah peserta 117 orang dari masing-masing pengurus umat Islam yang ada di wilayah Kab. Sorong.

Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh ormas Islam yang telah mendukung dana mensukseskan kegiatan ini terkhusus kepada Bapak bupati dan wakil bupati atas dukung kegiatan ini semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, ucapnya

Sambutan ketua MUI Kab. Sorong yang intinya menyampaikan Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang saya hormati Bupati dan wakil Bupati Sorong, asisten dan pimpinan OPD, Ketua FKUB, ketua MUI PAW, kepala Depag kota dan Kab Sorong serta seluruh tamu undangan yang hadir ditempat ini

Hanya dua yang saya sampaikan disaat ini dalam sambutan saya adalah bahwa tinggal hitungan detik saya akan menyelesaikan tugas sebagai ketua MUI Kabupaten Sorong oleh karena itu saya berharap apa yang sudah kita bina dan programkan semua itu baik serta kesan dan pesan saya adalah bahwa selama kepemimpinan saya banyak kegiatan yang tidak mulus dan kepada bapak bupati dan rekan rekan semua saya berharap saya jangan dipilih lagi karena saya tidak berkenan lagi.

Kepada pemerintah daerah saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatian Pemda kepada kami MUI, Pemda selalu memberikan dukungan operasional kepada MUI namun disini saya bisa katakan bahwa kalau bisa anggaran tersebut ditambah karena sangat kecil sekali dan yang kedua agar program Umroh ini bisa ditingkatkan karena kita umat muslim ini sangat banyak ingin berumroh. Saya berharap agar umroh ini kita utamakan muslim orang asli Papua (OAP), Kepada panitia agar nanti bisa diperhatikan pemilihan MUI ditingkat distrik

Pada masa Vandemi Covid 19 kami MUI telah menyalurkan sembako 7.000 paket dan anggaran itu dari operasional MUI oleh karena itu saya berharap agar Pemda bisa memperhatikan kembali MUI karena MUI adalah bagian dari pada Pemda.

Saya tegaskan agar MUI jangan dibawa-bawa kepolitik saya tidak mau dan tidak suka, dan apabila ada pihak-pihak MUI yang mau berpolitik silahkan keluar dari MUI, terimaksih kepada semua rekan-rekan atas kerjasamanya selama ini yang mana kita sudah membuat yang terbaik untuk Kab. Sorong yang kita cintai ini.

Kepada bapak ibu semua bila nanti ada proses pemilihan ketua MUI baru pilihlah dengan hati agar bisa membesarkan MUI yang kita cintai ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih, tutupnya

Sambutan oleh Andi Sutor S.Pd.I., M.M (Unsur MUI Prov. Papua Barat yang intinya menyampaikan Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, salam silaturohim dari ketua MUI Prov Papua Barat dimana beliau tidak bisa hadir karena ada kecelakaan, musda ini adalah wadah silaturahmi dimana MUI ini adalah kumpulan orang-orang yang memiliki integritas dan kita berharap agar musda ini dapat memberikan kekuatan bagi kita semua untuk memilih pemimpin yang baik dan siapapun nantinya kita pilih itu semua untuk kebaikan kita semua.

Tentunya ini adalah tugas kita bagaimana kita merapatkan barisan sebagaimana yang disampaikan nabi kepada kita semua, tentu saja kesuksesan kegiatan ini merupakan momentum penting bagi kita semua karena kita semua ada didalamnya, Bapak ibu yang saya hormati bahwa peran fungsi MUI adalah hal keteladanan oleh karena suksenya hidup kita apabila setiap kegiatan keagamaan kita bisa lakukan dengan hati.

MUI adalah pelayan umat oleh karena itu apapun yang terjadi kita harus bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada ditubuh MUI dan juga diinteren setiap individu serta MUI juga harus bisa mengikuti setiap perkembangan waktu dan jaman oleh karena itu semua yang kita lakukan untuk menguatkan MUI yang kita cintai ini.

Marilah kita senantiasa untuk selalu mencegah setiap umat apabila berada dijalan yang salah sekali lagi saya mewakili MUI Propinsi Papua barat mengucapkan selamat bermusyawarah sehingga dalam musyawarah ini bisa menghasilkan satu pemimpin yang membangun MUI lebih baik, cerdas dan solid kedepanya sebagaimana Thema kita dalam musda Merajut Kesatuan dan Kekuatan Umat Dalam Kebinekaan.

Sambutan oleh Dr. Jhony Kamuru, S.H., M.Si (Bupati Sorong ) yang intinya menyampaikan Dimasa jabatan saya sebagai Bupati Kabupaten Sorong saya sangat bersuka cita dimana akhir jabatan saya bisa menghadiri Kegiatan keagamaan hal ini bukan hal kebetulan tetapi semua karena rencana dan kebaikan Tuhan, dalam setiap kegiatan yang saya hadiri bahwa orang-orang yang dipilih adalah anak anak Tuhan yang memang selama ini mempunyai kinerja yang baik (orang-orang yang setia dalam pelayanan Tuhan).

Apabila kita setiap kepada Tuhan dan umat maka kita akan mendapatkan berkat dari Tuhan oleh karena itu marilah kita terus bergandengan tangan untk menjadi pelayan kepada masyarakat, serta apabila Tuhan sudah memilih kita sebagai pelayannya maka tidak ada satu orang pun yang bisa menghalanginya.

Kita masih ada satu beban dan tanggung jawab kita untuk membangun Mesjid Agung yang mana rencana pembangunan akan dilaksanakan di Mariat oleh karena itu kita akan membentuk panitia pembangunan karena saya mengkaji karena kita Kab Sorong yang besar ini belum mempunyai Masjid agung , dan sebelum mengakhiri masa jabatan saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini, dan saya berpesan kepada MUI baru agar marilah kita terus jaga hubungan silaturahmi dimanapun kita berada.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan pembukaan secara resmi Musda V MUI Kab Sorong oleh Dr. Jhony Kamuru, S.H., M.Si (Bupati Sorong) yang didampingi oleh Forkopimda Kab. Sorong. Kemudian Doa yang dibawakan oleh Ketua FKUB Kab Sorong KH. Ahmad Sutejo, S.Pd.I. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman, tertib dan kondusif (Hms)

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply