Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan Kunker Direktur Jendral Daya Saing Produk Kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI

Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan Kunker Direktur Jendral Daya Saing Produk Kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolres Sorong AKBP. Iwan P. Manurung, S. In menghadiri kegiatan Kunker Direktur Jendral Daya Saing Produk Kelautan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI di Distrik Sausapor dengan agenda Acara Launching pencanangan industri perikanan tradisional dan perikanan modern terpadu berkelanjutan di kabupaten Tambrauw tahun 2021, bertempat di pelabuhan rakyat Sausapor kabupaten Tambrauw Papua Barat, Selasa (14/09/2021) Pukul 11.55 Wit

Adapun Rombongan yang hadir adalah Dirjen penguatan daya saing Kementerian Kelautan dan Perikanan-RI Ir. Artati Widiarti, MA, Staf khusus Presiden RI Billy Mambrassar, Kepala pusat analisis kebijakan dan kinerja kementerian PPN/Bappenas RI Dr. Velix. V. Wanggai, S.IP, MPA, Perwakilan Lantamal Sorong KOLONEL Laut Y. V. Tambrauw dan Staf KKP-RI sebanyak 26 Orang.

Sedangkan Forkompinda yang hadir yaitu Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Asem, SE., M. Si, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S. IK, Dandim 1810 Tambrauw LETKOL Inf Idelfonso ADC, S.Sos., M. Si, LO Kabupaten Tambrauw KOMPOL M. Hasbi, Asisten I Kabupaten Tambrauw M. Zen Hayatudin, S.IP. MM, Asisten II Kabupaten Tambrauw Mouche J. Woria, S.Sos. S.IP, Kabagops Polres Sorong AKP. Fahrial M. Ginting, SH, S.Ik, Kepala BUMD Kabupaten Tambrauw Paulus Timbelukas, Para pimpinan OPD Pemda kabupaten Tambrauw, Pemilik Hak Ulayat kelautan kabupaten Tambrauw Yusak Sani dan Para Tokoh-Tokoh (Masyarakat, Adat, Agama dan Pemuda)

Rombongan Dirjen KKP-RI tiba di pelabuhan rakyat Sausapor menggunakan kapal Expres Bahari dan di sambut oleh masyarakat dengan Tarian Adat.

Acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan di lanjutkan Doa yang di pimpin oleh Pendeta Christin Mirino, S. Th

Selanjutnya paparan singkat potensi kabupatenTambrauw oleh Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Asem, SE., M. Si, yang pada intinya menyampaikan Ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan selamat datang bagi Ibu Dirjen beserta rombongan di pelabuhan rakyat Sausapor. Bahwa luas wilayah letak geografis dan batas wilayah serta jumlah penduduk, Kabupaten Tambrauw merupakan salah satu Kabupaten konservasi di Indonesia dan berbentuk klaster agar mengimbangi pemerataan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Tambrauw merupakan jalur pesisir dengan luas wilayah pesisir – + 165 Km arah timur Manokwari dengan berbagai macam habitat laut (ikan dasar, layang/asap, cumi, udang penyu belimbing) yang jika dikelola dengan baik akan memiliki nilai jual, oleh sebab itu kami butuh dukungan di bidang kelautan dan perikanan atas potensi kekayaan alam yang belum terjamah, selain itu mohon dukungan kementrian KKP-RI membangun kantor perikanan di Kabupaten Tambrauw

Bahwa Tambrauw juga memiliki potensi hasil daerah peternakan yang ada di distrik Kebar. dan perkebunan yang ada di distrik Kebar juga serta cukup melimpah dan mempunyai nilai jual.

Kemudian Bupati menyampaikan bahwa kondisi keamanan di Kabupaten Tambrauw aman dan cukup kondusif, walaupun akhir-akhir ini kita ketahui bahwa terjadi gejolak di Kabupaten Maybrat, Pemda Tambrauw bersama Forkopimda selalu berkoordinasi menjaga stabilitas keamanan, demikian gambaran singkat yang saya sampaikan semoga niat baik kita bersama direktur oleh Tuhan Yang Maha Esa, Tutup Bupati. Selanjutnya Perkenalan singkat BUMD kabupaten Tambrauw kepada ibu Dirjen KKP-RI.

Selanjutnya penyerahan 1 (satu) buah jangkar sebagai simbol pelepasan hak Ulayat kelautan dari bapak Yusak Sani kepada Bupati Tambrauw yang di serahkan kepada ibu Dirjen KKP-RI.

Sambutan Staf khusus Presiden RI Billy Mambrassar yangbpada intinya menyampaikan bahwa Kami sedang membuat Rencana aksi pembangunan Provinsi Papua dan Papua barat dengan salah satu program yaitu edukasi di kalangan Milenial. Hal ini sangat perlu dilakukan mengingat hampir semua pemuda di provinsi Papua dan Papua barat ada yang sudah membuka lapangan kerja salah satunya rumah kopi di Jayapura dan Manokwari. Oleh sebab itu saya melaporkan ke bapak Presiden dan di setujui langsung program ini termasuk potensi di sektor Perikanan dan kelautan dengan harapan besar yaitu untuk memberdayakan seluruh kaum Milenial di Provinsi Papua dan Papua barat.

Sambutan ibu Dirjen Ir. Artati Widiarti, MA, yang intinya sampaikan bahwa Ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas lindungan-Nya sampai tiba dengan selamat di pelabuhan rakyat Sausapor dan ungkapan terimakasih kepada Bapak Bupati Tambrauw dan seluruh masyarakat dalam penjemputan yang sangat mengesankan. Saya mewakili bapak menteri KKP-RI menyampaikan Permohonan maaf tidak bisa datang karena ada tugas penting yang tidak dapat di tinggalkan.

Dalam acara launching perdana ini ada 3 langkah terobosan pembangunan bid. Perikanan dan kelautan RI tahun 2021 s/d 2024 yang menjadi perhatian khusus dari KKP-RI, ucapnya

Selanjut pelepasan alat penangkapan rumpon harus mengetahui sisi koordinatnya sebelum dilepas, pelepasan rumpon kurang dari 12000 Mil dari pesisir laut wajib memiliki ijin atau yang dikenal dengan SIPR / Surat Ijin Pelepasan Rumpon yang diterbitkan oleh Gubernur sesuai kewenangan, sedangkan pelepasan rumpon lebih dari 12000 Mil laut dari pesisir pantai SIPR dikeluarkan oleh Kementrian KKP-RI (Amr/Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply