Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan KPI dan Polda Papua Barat Dalam Kegiatan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa

Kapolres Sorong Hadiri Kegiatan KPI dan Polda Papua Barat Dalam Kegiatan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong, Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S. Ik menghadiri kegiatan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa yang di laksanakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama Polda Papua Barat dengan tema “Cerdas Bermedia Menuju Siaran Berkualitas”. Kegiatan yang diikuti oleh ibu-ibu bhayangkari Daerah Papua Barat, bertempat di gedung Lambert Jitmau kompleks kantor Walikota Sorong, rabu (17/11/2021).

Kegiatan yang hadiri langsung Kapolda Papua Barat Irjend. Pol. Drs. Tornagogo Sihombing, S. Ik., M. Si. Di dalam sambutannya mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi termasuk penyiaran harus dibarengi dengan pendidikan, maka literasi media sangat penting karena dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di Papua Barat dan khususnya ibu-ibu bhayangkari dalam hal mendidik anak-anak di rumah.
“Literasi media khususnya penyiaran sangat bermanfaat, agar nantinya masyarakat bisa lebih memahami, sehingga mampu menyeleksi konten di televisi atau radio,” ujar Kapolda

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kata Kapolda memiliki dampak positif karena informasi saat ini mudah didapat dan cepat diketahui oleh masyarakat, baik melalui penyiaran maupun sosial media, namun media informasi bisa menjadi negatif disebabkan munculnya berita-berita hoax dan informasi tidak mendidik, hingga penyalahgunaan informasi yang tidak tepat.

Dirinya berharap, melalui literasi Sejuta Pemirsa tersebut, dapat mencerdaskan masyarakat dalam bermedia.”Masyarakat kedepan dapat memberikan referensi hanya pada tayangan atau siaran yang baik saja,” ucapnya.

Sambutan Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menyebutkan, Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa ini merupakan program KPI sebagai upaya dalam mengedukasi masyarakat agar mampu memilah tontonan yang baik di rumah. “Yang kita inginkan kedepan para orang tua dapat memberikan tayangan melalui media penyiaran yang sesuai dengan anak di rumah,” kata, Agung Suprio.

Ia juga mengungkapkan, bahwa saat ini media penyiaran khususnya televisi berperan dalam menangkal berita-berita hoax yang beredar di media sosial. “Untuk informasi hoax sudah tidak ada di televisi, bahkan televisi menjadi konfirmator dari berita-berita yang tidak benar,” pungkasnya.

Dalam GLSP yang dibuka oleh Ketua Bhayangkari Papua Barat, Martha Sihombing, juga digelar Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari jajaran pengurus Bhayangkari di setiap cabang yang ada di Papua barat (Amr/Hms)

Humas Polres Sorong

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply