Kapolres Sorong Di Wakili Waka Polres Sorong Hadiri Panen Raya Padi Lahan Ketahanan Pangan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong

Kapolres Sorong Di Wakili Waka Polres Sorong Hadiri Panen Raya Padi Lahan Ketahanan Pangan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong

  • Post category:Berita

Kepolisian resor sorong, Kapolres Sorong AKBP Robertus A. Pandiangan, S. In., MH yang di wakili Waka Polres Sorong Kompol Emmy Fenitiruma, S. Sos menghadiri Panen raya Padi Lahan ketahanan Pangan Pangkalan Utama TNI AL XIV/Sorong dipimpin oleh Laksda TNI Dadi Hartanto M. Tr (Han) (Panglima Komando Armada III), bertempat di Persawaan jalan Terong Kelurahan Malawele Distrik Aimas Kabipaten Sorong Jumat (12/03/2021) Pukul 09.00 Wit,

Adapun Pejabat yang hadir oleh DR. Jhony Kamuru, SH. M.Si (Bupati Kab. sorong), Laksma TNI Maman Firmansyah (Kas Koarmada III), Ir Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T.,M.Si (Koarmada III), Laksma TNI Hendri Supriyanto (Kapoksahli Koarmada III), Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E,. (Danlantamal XIV), Kolonel Marinir Agung Trisnanto (Wadan Pasmar 3), Kolonel marinir Budiarso (Aspotmar Koarmada III), Kolonel Laut (P) Eko Haryanto (Kadispotmar Koarmada III), Kolonel Laut Yohanis Yulius Tamoni (Wadan Lantamal XIV), Mayor Czi. Donny Pramudya Mahardi (Danyon Zipur 20/PPA), Kompol Emmy Fenityruma, S. Sos (Wakapolres Sorong), Kapten Inf. Harpin (Plh Danramil 1802-07/Aimas), Bapak giono (Anggota dari kelompok tani rukun wargi)

Kegiatan diawali pembacaan Narasi ketahanan pangan sbb bahwa Saat ini Negara kita sedang dilanda bencana wabah pandemi yang mematikan pandemi tersebut berasal dari sebuah virus bernama corona yang lazim disebut sebagai pandemic convid-19 kondisi yang demikian sangat berdampak kepada semua aspek kehidupan bangsa Indonesia termasuk diantaranya pada sektor pertanian.

Bahwa sektor pertanian ini sangat berkaitan erat dengan ketahanan pangan nasional sehingga pada masa pandemi yang sulit ini ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan dan dipertahankan.

Panglima komando Armada 3 memerintahkan kepada seluruh satuan di bawah jajaran koarmada 3 untuk melaksanakan program ketahanan pangan yang dituangkan ke dalam surat telegram panglima komando Armada 3 nomor Nomor 20.358/ARMA III/0420 TWU 0403.1530 tentang program ketahanan pangan.

TNI angkatan laut bergerak cepat untuk menindaklanjuti perintah panglima koarmada 3 dengan cara melaksanakan kerjasama dan mengajak masyarakat di desa Aimas kabupaten Sorong untuk mewujudkan program ketahanan pangan pada sektor pertanian sektor pertanian yang digunakan seluas 2 hektar merupakan milik bapak giono dimana beliau adalah anggota dari kelompok tani rukun wargi Kelurahan malawele distrik Aimas kabupaten Sorong.

Bibit padi yang ditanam adalah jenis membramo dengan jumlah bibit yang dibutuhkan untuk luas lahan 2 hektar sebanyak 50 kg, lahan ketahanan pangan sektor pertanian Lantamal 14 ini sebelumnya merupakan lahan tidur di mana sudah 1 tahun tidak ditanami lagi dan tidak produktif sehingga pada tanggal 15 November 2020 dengan penuh semangat prajurit Lantamal 14 Sorong bersinergi bersama-sama masyarakat mulai bahu-membahu mengolah lahan tidur tersebut untuk bisa dijadikan sebagai lahan yang produktif.

Pada tanggal 07 Desember 2020 bibit padi jenis Mamberamo mulai ditanam di lahan ini dan selanjutnya pada hari ini tanggal 12 Maret 2021 dapat melaksanakan panen raya di Kelurahan malawele distrik Aimas kabupaten Sorong diperkirakan hasil panen lahan seluar 2 Ha sebanyak 3 s.d 5 Ton.

Kemudian kegiatan dilanjutkan Pemotongan padi oleh Laksda TNI Dadi Hartanto M. Tr (Han) (Panglima Komando Armada III), Bupati Sorong dan di ikuti tamu undangan. Pemotongan Padi dengan menggunakan alat pemotong Padi secara simbolis oleh Laksda TNI Dadi Hartanto M. Tr (Han) (Panglima Komando Armada III). Setelah itu kegiatan Ramah tamah ( Amr/Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply