Bersama Anggota, Waka Polres Sorong Ikut Tes Kesamaptaan Jasmani

Bersama Anggota, Waka Polres Sorong Ikut Tes Kesamaptaan Jasmani

  • Post category:Berita

Aimas, Kepolisian Resor Sorong menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) untuk seluruh anggota Polisi. Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ ) untuk anggota dilakukan Polres dalam upaya menjaga kebugaran fisik selama menjalankan tugas. Waka Polres Sorong, KOMPOL EMMY FENITIRUMA, S. Sos pun juga mengukuti TKJ yang digelar di RTP Alun -alun Kota Baru Aimas Kabupaten Sorong, Jumat (22/10/2021)

Kabag Sumda Polres Sorong AKP Irene, S. Sos mengatakan, kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) dilaksanakan selama tiga hari, mulai 20-22 Oktober 2021 diikuti sekitar 405 personil polisi dan juga PNS. Kegiatan TKJ dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan anggota terutama dalam masa pandemi virus corona saat ini. “Kegiatan TKJ ini rutin kami laksanakan dua kali dalam setahun. Selain untuk menjaga kesehatan anggota, juga untuk dijadikan bahan evaluasi kemampuan fisik dan kesehatan anggota,” kata Kabag Sumda. Menurutnya, dalam TKJ tersebut, ada lima item yang harus dijalani personil Polri dan PNS. Masing-masing lari keliling lapangan selama 12 menit, pull up, push up, sit up dan shutle run (lari dengan membentuk angka 8). “Untuk anggota yang berusia lima puluh tahun keatas, melaksanakan jalan kaki mengelilingi lapangan selama 20 menit,” ujarnyanya.

Irene menambahkan, karena TKJ digelar dalam masa pandemi, selama pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kapolres Sorong AKBP Iwan P. Manurung, S.Ik melalui Waka Polres Sorong KOMPOL. Emmy Fenitiruma, S. Sos mengatakan bahwa kegiatan TKJ bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kesehatan setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatan setiap enam bulan sekali. 

Kegiatan TKJ merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karir personil Polri. Hasil TKJ antara lain dapat digunakan untuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang) bagi anggota Polri. Nilai TKJ sangat berpengaruh bagi karir personil kepolisian di masa yang akan datang.
“Kegiatan TKJ ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kondisi dan kemampuan fisik personil Polri untuk selalu siap siaga dalam melaksanakan tugas di lapangan,” jelas KOMPOL EMMY

Dengan digelarnya TKJ Waka Polres berharap, dapat melihat sejauh mana kondisi kesehatan personil secara periodik setiap enam bulan sekali.
TKJ juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik personil Polri. “Dengan jasmani yang sehat, maka personil Polri akan mampu melaksanakan tugas pokok secara maksimal. Yakni melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dalam hal penegakan hukum,” imbuh Waka Polres (Amir/Hms)

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply